Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan
individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat
yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.
Kepribadian didefinisikan sebagai ciri-ciri
kejiwaan dalam diri yang menentukan dan mencerminkan bagaimana seseorang
berespon terhadap lingkungannya. Penekanan dalam definisi ini adalah pada
sifat-sifat dalam diri atau sifat-sifat kewajiban yaitu kualitas, sifat,
pembawaan, kemampuan mempengaruhi orang dan perangai khusus yang membedakan
satu individu dari individu lainnya. Kepribadian cenderung mempengaruhi pilihan
seseorang terhadap produk. Sifat-sifat inilah yang mempengaruhi cara konsumen
merespon usaha promosi para pemasar, dan kapan, di mana, dan bagaimana mereka
mengkonsumsi produk dan jasa tertentu. Karena itu, identifikasi teerhadap
karakteristik kepribadian khusus yang berhubungan dengan perilaku konsumen
sangat berguna dalam penyusunan strategi segmentasi pasar perusahaan.
Sifat-sifat Dasar Kepribadian
1.
Kepribadian mencerminkan perbedaan
individuKarena karakterisitik dalam diri yang memebentuk kepribadian individu
merupakan kombinasi unik berbagai faktor, maka tidak ada dua individu yang
betul-betul sama. Kepribadian merupakan konsep yang berguna karena memungkinkan
kita untuk menggolongkan konsumen ke dalam berbagai kelompok yang berbeda atas
dasar satu atau beberapa sifat.
2.
Kepribadian bersifat konsisten dan
bertahan lamaSuatu kepribadian umumnya sudah terlihat sejak manusia berumur
anak-anak, hal ini cenderung akan bertahan secara konsisten membentuk
kepribadian ketika kita dewasa. Walaupun para pemasar tidak dapat merubah kepribadian
konsumen supaya sesuai dengan produk mereka, jika mereka mengetahui, mereka
dapat berusaha menarik perhatian kelompok konsumen yang menjadi target mereka
melalui sifat-sifat relevan yang menjadi karakteristik kepribadian kelompok
konsumen yang bersangkutan. Walaupun kepribadian konsumen mungkin konsisten,
perilaku konsumsi mereka sering sangat bervariasi karena berbagai faktor
psikologis, sosiobudaya, lingkungan, dan situasional yang mempengaruhi
perilaku.
3.
Kepribadian dapat berubahKepribadian
dapat mengalami perubahan pada berbagai keadaan tertentu. Karena adanya
berbagai peristiwa hidup seperti kelahiran, kematian, dan lain sebagainya.
Kepribadian seseorang berubah tidak hanya sebagai respon terhadap berbagai
peristiwa yang terjadi tiba-tiba, tetapi juga sebagai bagian dari proses menuju
ke kedewasaan secara berangsur-angsur.
KARAKTERISTIK PRIBADI YANG
MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
Keputusan membeli dipengaruhi oleh
karakteristik pribadi seperti umur dan tahap daur hidup pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.
1.
Umur dan Tahap Daur Hidup
2.
Pekerjaan
3.
Situasi Ekonomi
4.
Kepribadian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar